Friday, November 14, 2014

CONFESSIONS OF AN ECONOMIC HIT MAN, JOHN PERKINS, Edisi Indonesia (Abdi Tandur, 2004)





Pengakuan Seorang Ekonom Perusak.
Buku ini menceritakan kisah pribadi Perkins yang saat ini dikenal sebagai pejuang gigih untuk hak azasi manusia. Padahal dulunya ia seorang "pelayan" korporatrokasi, yakni koalisi pemerintah, bank dan korporasi Amerika Serikat.

Sebagai hasil rekrutmen United States National Security Agency dan tercantum sebagai penerima gaji dari perusahaan konsultan internasional, dia berkeliling ke berbagai negara-negara seperti Indonesia, Panama, Ekuador, Kolombia, Saudi Arabia, Iran, dan negara-negara strategis lain.

Pekerjaannya seolah-olah ingin mengurangi kemiskinan. Kebijakan mereka justru mengasingkan berbagai bangsa serta menyebabkan peristiwa 11 September dan meningkatkan anti Amerika.

Perkins dan kawan-kawannya disebut Economic Hit Man. Perkins terlibat membantu penerapan skema yang akan mengucurkan jutaan dolar dari Saudi Arbia kembali ke ekonomi Amerika Serikat, sekaligus mempererat hubungan fundamentalis di Saudi Arabia dengan pemerintah Amerika.

Perkins memaparkan berbagai cara tersebunyi dari kerajaan untuk mengendalikan sejumlah peristiwa dramatis dalam sejarah, seperti kejatuhan Shah Iran, kematian Presiden Panama Omar Torrijos, dan Invasi Amerika ke Panama dan Irak.

Perkins diperingatkan oleh banyak orang agar tidak menulis buku yang mengemukakan pengetahuan tentang siste yang memacu globalisasi dan kemistikan jutaan manusia di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment